Blog dan Website Swa-Kunjung, Balada Pebisnis Internet Pemula

Wah, super menarik ini judulnya, Website dan Blog Swa-Kunjung, sebuah istilah yang rasa-rasanya baru, bahkan mungkin belum dibakukan, karena istilah ini seolah melintas begitu saja, seolah sebuah “ting” yang berpendar di benak ketika mencoba mengeksplorasi ide tulisan mengenai bisnis internet. Pengalaman menjadi praktisi swa-kunjung mungkin dialami oleh sebagian besar pebisnis internet pada awal perjalanan karirnya (bahkan mungkin semua pebisnis internet pernah melakukannya). Prakteknya bagaimana? Sederhana, yakni melakukan sebuah kegiatan rutin berbentuk

kunjungan terhadap website sendiri. Ketika mulai merambah blog dan bertaaruf dengan website di awal saya memulai bisnis internet dulu, saya masih ingat betapa ngoyo-nya sering-sering mengunjungi website atau blog sendiri demi statistik dan jumlah kunjungan (jadul banget, maklum, belum tahu caranya, wehehehe). Pada waktu itu saya begitu heran, takjub, terkesima ketika mengetahui ada website atau blog yang pengunjungnya puluhan per hari, ada yang ratusan, bahkan ada yang pengunjungnya ribuan !!

Saat itu pemahaman saya belum nutut untuk sekedar memahami bahwa bisnis internet bukan cuman urusan bikin website atau blog, kemudian sudah. Mengklaim bahwa website atau blog tersebut sudah bisa diakses secara ontime dan online, dan yakin akan ada banyak pengunjung yang berdatangan seolah ada efek kun fayakun-nya. Perlahan saya mulai memahami, bahwa membangun rumah saja tidak cukup, rumah harus dihias, diisi dengan furnitur menarik, diberi acara-acara yang menyenangkan, diberi magnet untuk menarik besi, diberi gula untuk menarik semut, diberi nektar untuk menarik kumbang-kumbang berdatangan. Kemudian bertahap juga mulai saya sadari makna content is king, alexa rank, pagerank, backlink, dummy blog, social marker, micro blogging, dan entah apa lagi yang terus mengejan dan berkembang di masa yang akan datang.

Perlahan, efek mulai didapat, website dan blog tidak lagi bertipe swa-kunjung, yang entah usia 2 hari atau 2 tahun, pengunjungnya tetap, konsisten, istikomah, yaitu kita sendiri, sang pemilik blog atau website, wehehehe. Semoga inspirasi ini juga menjadi sebuah clue bagi para pemula di bidang bisnis internet, jangan berkecil hati, apalagi minder. Ingat pepatah, 1000 langkah selalu dimulai dari langkah pertama, sepanjang sejarah, tidak pernah ada pebisnis internet yang langsung lahir hebat, semuanya bermula dari kerangka atau sasis yang sama, yang membedakan adalah ketekunan, kemauan untuk belajar, upaya yang keras, dan pikiran yang terbuka, tidak keminter, karena di atas langit ada tingkat yang lebih tinggi, melakukan yang terbaik, sesuai proses, dan sabar akan menjadi kunci keberhasilan. Mari berkembang menjadi pebisnis internet yang antusias dan siap memajukan negeri ini. Meraih prestasi nyata dari kiprah di dunia maya.

Perihal Faizal Alfa Z.
Praktisi dan Trainer Internet Marketing, owner www.bikinprofil.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: